Mudik naik mobil sama si bocil

Holaaahhh, finalleh nge post lagi setelah berabad abad ga ngepost. Mau sharing aja soal mudik kemarin.
Jadi, sejak saya nikah 2015 lalu, memang sudah ada rencana mau mudik ke kampung halaman di Sumatera Barat. Tapi pas lebaran tahun 2016, si bocil baru lahir banget jadi niatnya dibatalin deh dan baru kesampean mudik lebaran tahun 2017 ini. Si Malikah juga udah setahun.

Atas pertimbangan itu, sekeluarga saya which were ada papa, mama, dua adek laki laki, saya dan suami serta si bocil yang mau setahun mutusin untuk mudik ke Bukittingi.

Nah selanjutnya adalah, memutuskan mau naik apa terutama saya dan si bocil. Keluarga saya sudah mutusin untuk naik mobil dengan lama perjalanan maksimal 3 hari, tapi saya masih maju mundur ikut bermobil atau nyusul aja pakai pesawat. Tapi ternyata harga tiket lebaran ke Padang sekali jalan itu setara kaya tiket ke singapura bolak balik. Mehong. Walhasil kami putuskan ikut naik mobil.

Demi kenyamanan, akhirnya bawa dua mobil meski isinya cuma 3 org per mobil. Tapi setidaknya, saya bisa bikin playground dan kasur ala ala buat Malikah selama dijalan. Saya duduk di row kedua, bagian kaki disisi supir saya penuhi dengan tas sampai selevel dengan kursi trus saya lapisi dengan busa tipis yang saya lipat dua trus dikasih seprei.

Awalnya saya sempat khawatir soal gimana Malikah saat mudik nanti karena yang jelas kenyamanan dirumah ga akan dia dapatkan sampai kami tiba dirumah, kedua soal makanan.
Akhirnya yang saya lakukan itu:
· mastiin Malikah punya space sendiri (bikin kasur ala ala lengkap dikelilingi dengan bantal. Jadi kalau pas lagi belak belok atau agak ngerem mendadak, Malikah masih jatuh ke bantal)
. lots of her books and games. Sebenernya games nya ga banyak cuma mobil2an satu biji. Tapi bukunya banyak krn dia emang suka sama buku.
. camilan dan instan. Kemaren bawa biskuit sama Heinz dan Milna makanan instan. Tentu saja beberapa termos dan tempat makan serta sendok.
. tisu basah dan sanitizer. Ini penting krn belum tentu ketemu pom bensin dengan kamar mandi yang mumpuni buat lap lap atau bilas bahkan mandi.
. obat obatan. Alhamdulillah Malikah ga ada alergi. Jadi saya bawa basic aja seperti lacto b (malah dipake neneknya), sanmol drop, mucopet, ryvel, minyak tawon, telon.

Tapi alhamdulillah banget, meski dengan perjalanan di mobil selama 3 hari 2 malam,  semalam nginep di pom bensin (saya dan Malikah tetep dimobil AC nyala dengan kaca jendela sedikit terbuka), dia sama sekali ga rewel. Kami nyanyi, joget joget plus sibuk dan (sok) heboh kalau liat sapi, ayam, truk, bis dan sungai. Semuanya dibikin heboh dan seru.

Soal makan? Jujur sebelum berangkat, Malikah agak agak susah makan. Ternyata selama perjalanan kekhawatiran saya ga beralasan krn makan dia pinter. Rata rata bubur yg saya buat habis dimakan, biskuit pun dimakan. Bahkan bekal makan ibu dan ayahnya pun ikut diembat sama dia.
Sebenernya sik, kekhawatiran sebelum berangkat seperti nanti kalau malikah GTM gimana, kalau dia bete selama dijalan gimana, kalau dia begini kalau dia begitu.
Tapi none of them was happen. Alhamdulillah.
Tapi dari pengalaman kemarin, saya jadi tahu ada beberapa yang harus disiapkan untuk mudik terutama kalau naik mobil:
. pastikan kenyamanan bayi. Misal, apakah bayi bisa tidur dengan nyaman bukan dengan digendong
. bawa makanan instan. Yes it help a lot. Jangan lupa camilan. Kalau buah, bisa didapat dijalan.
. diapers rash. Karena khawatir kita alpa ganti diapers dan si bocah merah merah
. diapers bawanya lebih. Better be prepared kalau saya.
. mainan dan lagu dan buku. Pokoknya yang bakal menghibur si bocil.
. obat-obatan basic dan obat khususnya. Jangan lupa bawa termometer juga
. tisu basah dan hand sanitizer
. handuk kecil sama sampo top to toe

Kalau soal penginapan, berhubung Malikah ga ada masalah pindah pindah tidur jadi kami ga terlalu picky soal penginapan. Asal ada air bersih, kasur bersih dan ber AC. Aman. Ahahahaha.

Pengalaman mudik kemarin menyenangkan. Semoga mudik berikutnya dan berikutnya, si bocil tetap kooperatif baik berangkat dan pulang.

Kurang lebih segitu aja sik. Mungkin ada yang kurang atau alpa belum saya sebutin*wink* atau mau kasih ide dipersilahkan. Do comment. Leave your mark like deny-was-here :))

Komentar

  1. Kalau sama anak kecil, persiapannya memang harus benar-benar matang. Apalagi ini perjalanan 3 hari 2 malam. Salam kenal, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. Persiapannya 2 kali lipat lebih banyak drpd persiapan kita si orang tua. Hehehe. Minimalisir kemungkinan jelek.

      Salam kenal jugaaaa mbaa:)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer