Bedanya Dokter Kandungan dengan Fetomaternal?


sumber: liputan6.com
Saat test pack menunjukkan hasil dua garis samar berwarna pink, rasanya seluruh perempuan akan bahagia. Bahagia tapi juga jadi deg-degan. Pengalaman saya, selesai memeriksa test pack setelah satu minggu telat, saya masih ragu apakah hasil tersebut valid atau tidak. Namanya juga newbie, bingung harus bagaimana.

Rasanya mau langsung lari ke rumah sakit dan diperiksa langsung oleh spesialis kandungan. Namun orang tua kasih saran, nanti saja satu bulan lagi karena kalau sekarang diperiksa baru terlihat kantong hamil.

Tapi ya namanya juga penasaran, cuma sanggup menunggu satu minggu, kami pun daftar ke Rumah Sakit Hermina di Galaxy, setelah tanya kanan kiri terutama kepada saudara yang kebetulan dokter dan sudah punya dua anak dan sudah mencoba fasilitas dan pelayanan di dua rumah sakit yang berbeda.

Untuk dokter? Saya disarankan ke dokter kandungan (ya iya dong den, masa ke pediatric). Fine. Saya pilih Dr. Zakia SpOg lagi lagi karena rekomendasi karena dokter ini akan mengusahakan kelahiran normal sampai titik darah penghabisan. Tapi periksa di Dr. Zakia hanya berlangsung beberapa kali. Karena saat pemeriksaan di bulan keempat atau sekitar usia kehamilan 18 minggu, saya dirujuk ke Fetomaternal.

Alasannya? Karena hasil tes parasit toksoplasma saya positif. Jadi saya positif mengidap parasit toksoplasma saat hamil dan ini masuknya sudah ke rana Fetomaternal.

Loh, kenapa tidak ditangani saja oleh Dr. Zakia? Saya juga punya pertanyaan yang sama. Namun akhir saya ketemu jawabannya. Kehamilan dengan risiko tinggi, salah satunya seperti kasus saya yang dengan toksoplasma, sebaiknya ditangani langsung oleh Fetomaternal.

Fetomaternal atau Fetal Materal sendiri berdasarkan situs posyandu.org adalah cabang sub spesialis dari bagian kandungan dan kebidanan yang menangani masalah penyakit ibu hamil, perkembangan dan diagnosis angguan janin di dalam kandungan, serta kasus kehamilan dengan resiko tinggi.

Para dokter dengan kemampuan sub spesalis ini, memiliki hak untuk memeriksa kandungan dan janin dengan lebih teliti, salah satunya dengan screening 4D. Pemeriksaan yang dilakukan juga bisa mendeteksi ada kelainan janin lainnya misalnya, pertumbuhan organ dalam yang tidak sempurna atau adanya kelainan pada ukuran kepala yang bisa merupakan akibat dari penyakit genetis lain.

Jadi singkat kalimatnya, fetomaternal juga termasuk dokter kandungan, jelas karena sebelum mereka ambil sub spesialis ini mereka juga harus jadi dokter spesialis kandungan terlebih dahulu. Namun, dokter fetomaternal ini, seringnya dijadikan rujukan oleh para dokter kandungan saat ada pasien yang mengalami kemungkinan kehamilan resiko tinggi.

Kalau diminta memilih lebih baik dokter kandungan atau dokter fetomaternal langsung? Saya pilih dokter kandungan biasa saja dulu. Toh, tidak merasa ada masalah apapun atau ada riwayat kesehatan yang mengkhawatirkan.

Karena nantinya, saat usia kandungan memasuki 28 minggu, pasien dokter kandungan tersebut akan diminta memeriksakan diri ke Fetomaternal untuk mendapat screening yang tadi saya bilang. Ibu dan ayah bisa lihat muka anaknya loh saat screening ini. Lihat apakah hidungnya seperti siapa, kemudian lihat perkembangan jari tangan, tulang punggung, perkembangan organ dalam, lapisan-lapisan yang melindungi organ tersebut dan hal menarik lainnya.


Jadi buibu, cheers. Pilihan ada di tangan kalian. Mau ke dokter kandungan, fetomaternal atau bahkan cukup ke bidan. Asal diperiksakan secara rutin ya bu dede bayi dan kesehatan ibunya J

Komentar

  1. mbak mau tanya, umur kandungan yang tepat untuk periksa ke dokter fetomaternal walaupun tidak dikasih rujukan ke dokter tsb kapan ya? cuma pengen cek aja sih. makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba. Kalau dari Dsa biasanya minggu 27 atau 28. Cuma kalau mau periksa sendiri ga ada batasannya sik. bahkan setelah 32 minggu pun juga boleh.

      Saya pernah telepn salah satu klinik fetomaernal di Jalan Kimia, dan mereka sebut tidak ada waktu khusus untuk periksa 4D mba :)

      Hapus
  2. halo mbak, mau tanya nih..
    kalo mau screening 4D liat kondisi organ tubuh janin itu brpa kira2 biayanya ya? Dan apa usia kehamilan 20w udh boleh melakukan pemeriksaan atas inisiatif sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba. Saya dulu karena periksa langsung dengan dokter fetomaternal, saya dikenai biaya Rp300rb untuk jasa dokter di Hermina Bekasi. Seinget saya ga ada biaya tambahan lain.

      banyak yang menyarankan maksimal 32 minggu. jdi mungkin bisa saja dimulai dari awal mba. Boleh kok inisiatif sendiri periksa ke fetomaternal, namun paling dokternya nanya kenapa ke fetomaternal. hehehehe. soalnya saya digituin pas iseng periksa 4d di rs tambak. oiya biaya di rs tambak itu sekitar 900an sudah sm screening 4d. kalau mba di daerah jakarta selatan, di muhammadiyah aaman puring denger denger harganya lumayan bersahabat tapi itu sekitar tahun 2016 awal.. hehe

      semoga menjawab

      Hapus
    2. Assalamualaikum mba. Mba itu 300rb pas tahun kapan ya? Kira2 kalo sekarang biayanya berapa ya mba? Makasih

      Hapus
    3. Sy bru periksa tgl 28desember 2017.krn d rujuk ke dokter fetomaternal.Dr.Wiku Andonotopo SPOG,Pnd FMFM.biaya dokter 350 screening 800,d rs ekahospital bsd.ada kelainan di janin tidak ada ginjal sama sekali di usia kehamilan 20week.dan kami hrs kehilangan janin anak kedua kami.smua kptusan tlh d rembukan oleh kluarga.yg trbaik tuk kami smua.krna di paksakan janin bs meninggal di dalam kandungan wlpun lahir tdk ada ginjal dan tidak bs bertahan hidup. Pembentukan organ tubuh janin pada usia 10-12 week.tuk bumil periksalah k spog fetomaternal wlpun biaya mahal tp tuk kebaikan janin.saat ini kami hrs bs trma kenyataan dan belajar ikhlas.

      Hapus
    4. turut berduka mba Eka. betul mba, menurut saya lumayan penting loh periksa ke fetomaternal meski tidak ada indikasi apapun di janin menurut spog. Tidak ada salahnya melakukan pengecekan lebih lanjut.


      saya di Bekasi mba periksanya. setiap habis periksa saya bayar sekiar 500an, 300 untuk biaya dokter, selebihnya untuk obat atau print usg.

      Hapus
    5. Dibekasi dirumah sakit mana mba ? Itu biaya periksa thn berapa ?

      Hapus
  3. Mba salam kenal. Mau tanya di hermina galaxy sudah ada USG 4D ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo mba salam kenal juga. Kemarin waktu periksa prrtama kali sama dr lilia itu di hermina galaxy. Dia ga pake peralatan ala fetomaternal. Dia nyaranin saya ke hermina bekasi karena alat usg 4d lebih mumpuni.

      Semoga menjawab mba :)

      Hapus
  4. halo mbak, kalo boleh tahu, penanganan kehamilan dengan tokso oleh dokter fetomaternal yang dijalani mbak seperti apa ya? apakah diberi obat saja atau ada penanganan lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mbaaa.. Ada di postingan aku mba.. Aku dikasi obat aja kok :)

      Hapus
  5. Mbk,ktny tadi kn mbk kena parasit toksoplasma...trus gmn kelanjutanny? bayi ny normal nggak? trims y infonya

    BalasHapus
  6. Pengalaman mbk terkena tokso... apa bayiny normal? makasih....

    BalasHapus
  7. Pengalaman mbk terkena tokso... apa bayiny normal? makasih....

    BalasHapus
  8. Halo mba. Hamdallah anaknya sehat dan ga ada masalah sampai sekarang jelang 15 bulan. Selama hamil, dokter selalu teliti soal kondisi mata janin sama ukuran kepala janin.

    BalasHapus
  9. Halo mba Salam kenal, mau nanya apa ciri2 nya kehamilan dengan tokso?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbaaa..

      kalau ciri ciri ga ada mba. memang harus periksa darah. saya inisiatif minta tes tokso karena sebelum menikah saya pelihara puluhan kucing

      Hapus
    2. Hallo Mba.. Biaya periksa darah untuk tokso brp mba

      Hapus
    3. Hallo Mba.. Biaya periksa darah untuk tokso brp mba

      Hapus
    4. kalau hanya tokso aja sekitar 1 jutaan ya. Tapi lebih aman langaung torch mba..sekaligus liat cmv dan yang lainnya. Jadi kalau *amit amit* ada yang lain, dokter bs lebih komprehensif ngasih obat buat terapinya.

      Hapus
  10. Screening fetomaternal tahapannya apa saja? Oia mengetahui hasil tes parasites itu spt apa awal prosesnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba maaf baru reply.

      Dulu pernah aku tanya tanya di klinik feto yang di jalan kimia dekat RSCM. Menurut mereka, cukup daftar aja sama bawa buku periksa biasa. Selamat mencobaaaa :)

      Hapus
  11. Ass Mba..
    Mau tanya, Dr. Zakia wanita kan ya? setelah dirujuk ke Feto dengan Dr siapa mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mba.

      Saya ke Dr Lilia Mufida di Hermina Bekasi. Beliau perempuan juga mba. Dia praktek di hermina galaxy juga. Tp dia prefer di hermina bekasi untuk pemeriksaan fetonya. Semiga membantuu

      Hapus
  12. Saya bulan depan jg dijadwalkan feto ke Dr. Likia oleh Dr. Zakia. Mba akhirnya feto di hermina bekasi atau galaxy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya akhirnya rutin periksa ke hermina bekasi mba. eliau praktek di poli eksekutif lantai 4.

      Hapus
  13. Ass mba2 yg sudah berpengalaman... Aku hamil anak pertama.. D kehamilanku 31 week bb janin hanya 1,5 dan leukositku tinggi lalu aku d rujuk ke fetomaternal... Aku sebagai seorang wanita yg sedang hamil pasti khawatir dan takut... Mohon masukannya ya mba2 ..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba datangi saja dan periksa mba. Sekalian untum second opinion. Maaf ya jawabnya telat..sekarang mungkin sudah 35 weeks ya kehamilannya?

      Hapus
  14. Salam mbak...maaf mau tanya, skrg sy sdg hamil anak ke-3, hasil lab torch sy, IgG=reaktif, IgM=non reaktif. Di anak ke-2 qodarullah kena sakit atresia bilier, hsl labnya positif CMV, anaknya hanya bisa bertahan hidup sampai usia 1 thn 10 bln. Bisa minta kontak dan nama dokter di klinik feto yg di jl. Kimia t4 mbak kontrol? Sy pengen inisiatif sendiri aja ke sana. Makasi ya sblmnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba. Kebetulan saya ga kontrol ke Gulardi Center. Karena saya sudah merasa cukup dengan pemeriksaan obgyn saya yang sub spesialia fetomaternal. Tp jika mba mau kesana, saya td googling dptnya Alamat : Jl. Kimia No.5, RT.10/RW.1, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10320, Indonesia
      Jam buka : 8 AM - 3 PM
      No Telp : +62 21 31924404

      Hapus
  15. Asslmkm mba. Kalo klinik yg di jl kimia itu apakah mba ada rekom ke siapa dokter feto nya? Dan kira2 brapa ya biayanya? Trims mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba. Maaf telat balasnya kebangetan. Saya pernah tlp pihak sana, dan saya nanya ada rekomendasi dokter. Jawaban dr sana adalah semua dokter di Gulardi merupakan sub spesialis fetomaternal semua. Mungkin klo tingkat ilmu ga jauh beda kali ya. Lbh ke personal kali ya. Jd saya ga bs banyak bantu :)

      Hapus
  16. Biayanya skitar 800-1jt'n mba blm trmasuk obat, disana ada 4 dokter feto nya, dan semua bagus mba

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum. Boleh tau daftar dokter fetomaternal di tangerang atau jakbar ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya taunya daerah bekasi. Di rs hermina bekasi.

      Hapus
    2. Haiii mbaaa. Wah, boleh di googling aja mba. Kemaren ada yg cerita di eka hospital bsd ada fetomaternal juga.

      Hapus
  18. Mba maaf mau nanya, mbanya dulu gimana waktu tes toxo apakah positif?dan babynya gimana?drku bilang kemarin ada cairan dikepala janinku dan baru tes toxo tapi belom keluar hasilnya masih jumat nanti, saya baca2 di google malah makin down, karena katanya cairan itu ga bisa disembuhkan, saya cuman bisa nangis sama doa aja, tolong dijawab ya mba terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba. Maaf telat responnya. Hasil toksoku positif baik igg ataupun igmnya. Tp alhamdulillah anaknya sehat wal afiat ga ada kekurangan atau kelebihan apapun pas lahir. Pas semuanya. Jawabannya ga banyak membantu ya mba, semoga bayinya sehat yaa mbaaa.

      Hapus
  19. Mba maaf aku mau tanya juga, utk cek feto itu bisa kah diusia kehamilan 5w?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya cek feto itu bs dr awal kehamilan. Krn kan basicnya mereka mereka itu ahli kandungan ya. Cuma mungkin diharga jasanya aja yang beda.

      Hapus
  20. Mbak.. dl saat cek tokso apakah cek Igm aja atau juga cek Igg? Igg saya angkanya smp 16rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Miss Abaw. Aku awalnya tes tokso aja igg sama igm plus aviditasnya. Cuma setelah dirujuk ke fetomaternal, dokter fetonya minta aku tes ulang tp ga cuma tokso, tp tes torch biar klo ada apa apa ketauan di awal jd bs lebih terintegrasi pengobatannya. :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer