Dapur 101: Caramel Sauce


Sebelum hengkang dari dunia persilatan (baca: berhenti kerja) saya termasuk yang suka nongkrong di gerai kopi BintangBuck di mall mall Jakarta pasca liputan untuk nulis berita. Nah, saya menemukan cinta saya terhadap saus caramel lewat Caramel Macchiato dan sekarang berlanjut ke Caramel Milk Tea punya Chati*e 😂😂.


Berbekal dari kecintaan itu, saya nyari deh resep caramel sauce di Cookpad. Dan maafkan aku, aku lupa ini resep punya siapa. Hahahahaha. Tapi sungguh, hasilnya sangat sangat mengagumkan. Karena saya suka konsistensi dan rasanya.

Okay, jadi begini cara buat Caramel Saucenya:

You will need
115 gram gula pasir
30 ml air putih
50 gram butter (saya pakai Anchor)
100 ml whipped cream

Pastikan semua bahan room temperature ya biar pas masak enak.

How to cook:
· Panaskan gula pasir dan air diatas api kecil
· Jangan diaduk, digoyang sesekali boleh (yang masaknya kalau mau ikutan goyang juga ga masalah)
· Masak gula sampai semua larut dan sudah berubah warna jadi coklat
· Masukkan butter yang sudah dipotong potong kecil biar cepet meleleh kemudian aduk rata
· Matikan api kemudian masukkan whipped cream cairnya kemudian aduk rata

Kalau sudah jadi, diamkan sampai saus benar benar dingin baru deh pindahkan ke wadah yang punya tutup dan bersih. Simpan dalam kulkas.


Notes:
Pastikan gula berwarna coklat ya. Kalau cuma sampai larut aja, saus karamelnya jadi berwarna putih kaya SKM.

Saya bikin seadonan gini selalu jadi. Pas iseng bikin dua adonan gagal 😂😂

Variasi dari Caramel Sauce ini biasanya saya jadikan campuran kopi ( SUMPAH INI ENAK BANGET) atau teh dan susu kemudian masuk freezer sampai beku trus saya blender (ini jadi kaya Caramel Milk Tea Slush). Kopi minumnya pas hujan hujan dingin butuh kehangatan sedangkan teh saya minum pas siang siang habis nyuci ngepel nyapu haus dahaga. Syegarrrr.

Atau bisa juga dijadikan olesan roti :)


Selamat mencobaaaaa.

Komentar

Postingan Populer