Asi booster yang pernah kucoba (bagian 2)

Menindaklanjuti postingan sebelumnya (ngeri abis bahasanya). Marilah kita lanjutkan ASI Booster yang pernah gw coba selama menyusui. Langsung yak,

Kelima, jus pare mentah. Yes, you read it right. Pare dan Mentah. Sound disgusting? Sebenarnya ga juga menurut gw (apa tastebud gw yang udah mati rasa ya?). Karena pare mentah kalau dijus, bukan pahit tapi langu. Rasanya kaya sayur mentah dengan sedikit rasa pahit getir. Yang gw lakukan adalah, pare dicuci bersih kemudian bilas air matang trus jus pakai sedikit air. Saring trus minum glek one shot. Nah ini lumayan ngarus sist. Jadi setelah si tetikadi ini kempes habis disedot, gw sempet mompa dan masih dapet 30 mili per payudara. emejing sist.


meme from here


Keenam, jus daun bangun-bangun. Nah kalau ini emang agak susah nyarinya. Ga semudah daun katuk atau pare atau bawang putih. Tapi, jikalau dipasar sekitar rumah ada abang abang atau mamak Batak, coba ditanya punya daun bangun bangun apa enggak. Karena biasanya orang bataklah yang sering mengonsumsi daun bangun bangun jadi gulai ayam untuk ibu yang sedang menyusui.


penampakan si daun bangun-bangun. source


Kalau di Batak, daun ini diolah jadi gulai pakai ayam. Berhubung kemampuan masak saya terbatas, jadi paling mudah ya dijus. Tapi, ini pun ada tahapannya. Daun dicuci bersih trus diremas remas pake garam trus bilas lagi. Kalau saya cukup bilas remas sampai tiga kali aja. Sudah bersih, daunnya dimasak sama air sampai mendidih. Sudah mendidih, gw blender halus trus saring. Biar enak, dikasi perasan jeruk nipis trus simpan kulkas. Ini asli, seger buanget dan super ngaruh. Si payudara cepet banget reload setelah dikempesin.

Ketujuh, sate kambing. Hahaha. Kalau ini sik makanan yang bikin bahagia pas makan. Nah kalau pas bahagia, asinya lebih ngucur. Trus makan satenya itu sate maranggi cibungur yang sambelnya pedes pake sop kaki sama nasi tutug oncom (im drooling now).

Kayaknya yang rutin gw konsumsi itu aja deh. Ada juga beberapa booster lain kaya vsoy multigrain (asli, ini susu kedelai enak buanget) cuma ya minumnya pas diskonan aja. Itu juga kalau ga males nyarinya. Hahahaha.

Sebenarnya dari pengalaman teman dan ikut kelas laktasi sebelum dan sesudah melahirkan itu yang penting adalah kondisi mental ibu. Si Ibu harus yakin bisa menyusui anaknya dan bahagia (ini poin pentingnya), jadi mau konsumsi seabreg booster tapi ga suka, ga bahagia dan ga yakin ya susah sist. Ndusel ndusel manja sama suami juga bisa jadi booster loh kalau itu bikin bahagia. Bahagiaku receh sik, dibawain cilok atau martabak keju juga aku udah syeneng senyum senyum. Mehehehe.

Jadi begitu ibu ibu. (Penutupnya nanggung gimana gitu ya).

Ada yang pernah nyoba berbagai booster kek gw ga? Apa aja komen dong?

Komentar

Postingan Populer