Checklist keperluan si newborn

Pinterest


Sebenernya ini postingan seharusnya ditulis 13 bulan yang lalu saat masih hangat hangatnya jadi new mom.


Tapi better be late than never kan ya. Ini postingan juga terinspirasi dari beberapa temen yang kebetulan lagi nunggu kelahiran si buah hati. Dan concern dia adalah "Apakah saya beli memang butuh atau hanya karena Oh-My-God-ini-lucu-anet-dan-pasti-bakal-kepake-sama-dedek-bayi-meskipun-akhirnya-hanya-teronggok-dalem-lemari (ngacung malu-malu aja deh saya)".
Sebagian besar sik bilang memang butuh sebagian lagi bilang butuh-kok-someday sebagai affirmasi untuk beli alias impulsive. Hahahahah. Saya juga kok. Ada beberapa item yang saya anggap pasti kepake nyatanya tidak.

Tahun lalu, saya belanja di tanah abang karena ajakan si Mama meski dari supporting group kesayangan aku BCJune 2016, dan info lainnya menyarankan beli disalah satu toko sensasional dibilangan Jakarta Selatan (read:Fany Baby Shop).

Yang saya beli kala itu, gendongan jenis wrap, gurita bayi dan ibu, kaos dalem, baju, celana, perlak, bahan flanel dan popok. Mostly, yang saya beli kepake. Tapi tetep ada beberapa item yang beli-karena-gw-pikir-bakalan-kepake.

Nah, setelah setahun berjalan, rasanya saya bisa bilang kalau belanja untuk bayi itu harus pakai skala prioritas (kamanaaa ajaaaaaa neng?). Tentukan apa yang diinginkan.

· apakah mau pakai popok kain, clodi atau langsung pakai popok sekali pakai (pospak)
· mau disesuaikan dengan anjuran dokter atau anjuran orang tua. Ini penting karena ada beberapa item yang menurut dsa tidak perlu tapi dianggap sangat penting oleh orang tua.
· mau beli atau ada yang mau dibikin


Kalau saya, awal kelahiran pakai popok kain sebulan pertama dan popoknya dibuat. Makanya saya ga beli popok kain dan malah beli bahan popok. Jatuhnya sih lebih murah. Beli bahan, potong sesuai keinginan dan di neci pinggir. Begitu juga dengan alas perlak. Beli kain flanel sehalus yang bisa saya temui kemudian potong dan jahit neci pinggir.


Nah pertanyaan kedua, saya awalnya ikutan anjuran mama jadi saya beli gurita bayi, gurita saya, kaos kaki, sarung tangan. Dan ga ada yang kepake sampai sekarang kecuali kaos kaki.

Item yang saya beli dan kepake adalah
· kaos dalam 1 lusin
· baju kancing depan 1 lusin
· celana pop 2 lusin
· perlak 1
· bak mandi
· selimut bayi 2
· handuk 6 biji
· kapas bulat banyak
· bantal bayi, peyang dan gulingnya
· baju tidur 2 set
· sabun dan sampo bayi

 Kurang lebih itu yang saya beli dan terpakai alias berguna. Sedangkan gurita bayi blass ga kepake sama sekali karena dokter menganjurkan untuk tidak digurita bayinya. Kain bedong? Dari awal saya berencana mau pakai alas perlak diberdayakan sebagai bedong makanya saat itu bikinnya agak banyak. Tapi ya itu, ga jadi dipake sebagai bedong karena lagi-lagi dokter anak tidak menganjurkan anak dibedong biar kaki anak ga dipaksa lurus.

Nah keperluan lainnya seperti baby ride, bouncer dan lain lain saya nunggu ada yang nanya mau dikadoin apa. mehehehehehe.

Komentar

Postingan Populer