[DIY] Cat Tangan ramah anak

Postingan ini sebernya terinspirasi dari blogpost mba Gesi di Gracemelia.com soal Aiden (si bungsu) yang dikasi sensory play.
Berawal dari kebingungan saya, si Malikah yang sekarang mau 9 bulan ini mau tak kasi stimulasi apa ya. Dia sepertinya tidak punya masalah untuk megang yang lembek berair kaya adonan kue.
Akhirnya saya kepikiran untuk recook (tsahelah bahasanya) resep mainan dari mba Gesi. Mudah karena sebagian besar bahan ada dirumah.
Dan, permainan ini juga ramah anak apalagi kalau masih dalam fase oral dimana semua yang bukan makanan akan masuk mulut karena bahannya aman.
Berikut bahan yang dibutuhkan:
- tepung terigu (tapi saya pakai tepung ketan dan hasilnya lebih lucu)
- air matang
- food coloring (terserah warnanya mau apa)
Alat:
- saya pakai alas kain karena Malikah mainnya diatas playmat dia
- Piring lebar (atau bisa diganti dengan loyang kue yg rendh)
Cara:
Campur tepung sama air. Sesuaikan dengan konsistensi yang diinginkan. Setelahnya, masukan food coloring.
Setelah jadi, saya taruh kakinya langsung ke atas adonan. Setelah Malikah ngerasain sensasinya, baru dia mainin adonannya pakai tangan.
Adonannya dilumur seluruh badan dan kaki. Yang epik adalah ketika dia ouas melumuri tangan dan kaki, dia pun memasukkan mukanya ke piring. Walhasil, semuka mukanya penuh adonan.
Mainan ini bisa untuk bocil umur 6 bulan ke atas. Kalau blm fasih duduk, bisa sambil tummy time :)
Summary: anaknya super seneng main kotor kotoran kaya gini.
Ngajarin anak untuk ga takutan pegang benda yang beda tekstur dengan yang selama ini dia pegang.
Selamat mencoba.

Komentar

Postingan Populer